Rabu, 02 November 2016

Menulis November #2

Babak baru dalam hidup akan dimulai ketika kita memutuskan untuk melangkah dari masa lalu, tak terjebak dalam kenangan yang bisa-bisa membutakan kita dari indahnya masa depan. Tentu dengan keputusan yang tepat dan didasari atas pertimbangan yang matang.

Sebuah kisah yang pernah terukir, ataukah sebuah nama yang pernah tersimpan biar saja pada tempatnya. Melangkahlah tanpa beban, karena ada tanggung jawab yang lebih besar menanti di depan sana. Membutuhkan energi yang lebih banyak, membutuhkan pikiran yang ekstra untuk menalar, dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. 

Mengawali langkah mungkin terasa ringan, tapi tetap melangkah butuh komitmen dan konsistensi yang lebih lagi. Akan banyak rintangan yang menguji semuanya, tak hanya materi, melainkan lebih banyak menguji mental. Entah akan menjadi pecundang atau pemenang, semuanya bergantung pada resistensi kita menghadapi rintangan.

Akan banyak pelajaran dalam setiap perjalanan, namun kembali lagi akan menguji kepekaan kita dalam melihat semuanya, baik maupun buruknya. Berada di atas jalan yang tanpa arah akan lebih mudah tersesat, petunjuk nyata nampak jika kita membuka mata, jelas tak samar.

Pada setiap perjalanan tak akan lepas dari setiap suara-suara sumbang tak bertanggung jawab, mencoba menarik keluar dari jalan yang dituju. Sekali lagi itu hanya menguji, bisa didengarkan tapi lebih baik diabaikan jika tak manfaat. 

Hiduplah dengan prinsip. Berjalanlah tegap. Hidup tak akan berubah jika menuruti semua kata orang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar